Kamu yang selalu…

Entah berapa kali aku harus mengatakan ini, tak henti-hentinya berucap dan bosan mengakui. Jika kamu yang selama ini aku butuhkan, yang aku inginkan hadir dan bersedia berdiri menegakkankku. Hingga mimpi terus menghantui tanpa henti. Sedikit aku merasa tersiksa. Bahkan kudirikikan tembok, tapi runtuh yang kudapatkan. Aku belum bisa. Aku belum mampu. Aku masih terjebak dalam paradigma dimensi yang memberiku energi berlebih dalam melangkahkan kaki. Menghadapi segala kerumitan akademis hingga keluarga yang mendarah daging. Aku masih diam dan terus tinggal di ruang balas dendam akan ungkapan ide-ide dan perbincangan gila. Tersudut di gelak tawa replika diri yang terus terulang. Mengharu biru di cerita-cerita kehidupan. Mengagumi latar belakang masing-masing yang saling menginspirasi. Aku tidak ingin meninggalkan ini semua. Aku ingin terus membawanya sampai Tuhan mampu menjawab jalanNya. 

Ah. Tidak ada yang tahu seberapa dalam lubang ini membentuk diriku. Berharganya setahun ini dalam perjalanan hidupku. Dua puluh dua tahun yang terhias indah, terukir manis. Perdebatan dan penolakan yang kuterima. Membentukku semakin kuat. Hingga aku lemah dalam kesendirian. Dingin dalam tembok malam. Keburukan yang kulihat selama ini adalah keindahan. Masalah yang kuhadapi selama ini adalah anugerah. Keluarga dan persahabatan. Kusadari mereka semua harta karun. Yang tak akan terbayarkan.

Sampai kapan perasaan ini harus melingkupi. Menyakiti. Aku tidak mampu melepaskan. Belum mampu. Hanya perlahan saja. Perlahan. Konsistensi. Komitmen. Aku ingin lari tapi hati ini terus tertinggal. Aku belum mampu. Aku ingin mengulang terus kebahagiaanku. Kebahagiaan setelah trauma yang terlarut. Kamu. Kamu yang selalu mengisi kekosongan itu. Kamu yang mampu menginspirasi bahkan ketika kamu tidak nyata. Bayangan. Kamu yang selalu membuatku menulis tanpa henti. Meski rancu. Rancu tidak teretaskan.

Leave a Reply

