Panggungku dibelakang punggungmu.

Maghrib berkumandang. Setelah kutunaikan sholat tiga rakaat, lekas saja kukenakan baju se-casual mungkin seperti seakan pergi ke suatu tempat yang tidak terlalu direncanakan. Senyumnya sudah menjadi bekal yang berlebih untukku merasa yakin di setiap langkah kaki melebihi apa yang aku kenakan. Aku bilang kali ini aku hanya ingin santai, tidak serempong biasanya. Bahkan kuperagakan bagaimana gayaku kali ini jika kemudian bertemu seseorang dengan sebuah nada yang sudah sangat dihafalnya “Halo, apa kabar?”

Aku sudah siap. Duduk dibalik punggungnya adalah hal paling favorit dalam setiap perjalananku. Ya, disanalah panggungku. Tau maksudnya?

Panggung adalah sebuah wilayah dan teritori ketika seseorang bisa beraksi sepuas hati melakoni peran mereka. Bebas berekspresi di depan penggemarnya. Ya samalah tak ada bedanya. Di belakang punggungnya aku bisa melakoni peranku. Aku bisa menjadi emak-emak galak hingga menjadi anak kecil gila yang bisa menganggu pengemudi sesuka hati.

Bukan cuma itu, disana aku punya penggemar suaraku. Itu yang sebenarnya membuat panggungku agung. Seringkali aku menyanyikan lagu sembarang yang biasanya kunyanyikan hanya karena aku suka menyanyi. Aku bisa menjadi radio dadakan yang sesuka hati mengganti lagu-lagu yang hanya ingin kunyanyikan saja. Tak perduli penggemarku menyukainya atau tidak, tapi aku selalu yakin dia selalu menyukaiku. Suaraku. Suara yang middle ini, katanya.

Dari setiap perjalanan. 
Hujan, panas terik Jogja, dingin malam. Selama kamu masih mengizinkan aku untuk bernyanyi dipanggungku, aku tidak akan pernah mengeluh. Disanalah aku bahagia. Bahagia menjadi apa yang kuinginkan. Menjadi apa adanya aku yang selalu dihargai . 
Terima kasih, gara-gara kamu aku punya panggung.
Panggungku yang ada di belakang punggungmu.

Leave a Reply

