Europe Silly Trip #Part 2 Ostrava!

Ostrava!
Perjalanan selama dua setengah jam dari Praha ke Ostrava di kereta diindahkan dengan pemandangan salju putih yang menyelimuti bukit, sawah, rumah-rumah, dan beberapa kendaraan yang dilintasi
Paling tidak di Ostrava masih ada salju!
Sepanjang perjalanan perasaan takut, gembira, terharu campur jadi satu. Dan alhamdulillahnya gue uda punya sim card yang gue beli di stasiun Praha, jadi paket Blackberry Internet Service udah bisa nyala, gue cuma bisa habisin waktu sendirian dengan dengerin ipod dan share beberapa foto ke orangtua gue. Masih dalam suasana sedih sebenernya menyadari hanya bisa menikmati pemandangan indah diluar jendela seorang 
diri.


Bahasa yang digunakan di Republik Ceko adalah Cesky, ya bahasa Ceko. Jadi ya selamat datang di planet lain. Susah banget buat nemuin petunjuk dalam bahasa Inggris! termasuk penduduknya yang belum teredukasi untuk menggunakan bahasa Inggris. Bahasa tubuh jadi satu-satunya senjata yang gue punya untuk berkomunikasi.
Well, setibanya gue di Ostrava Hlavni Nadrazi Station. gue langsung ngabarin buddy (istilah AIESEC yang bertanggung jawab dan nemenin gue kemana aja as exchange participant) gue.
Dan sungguh terkejut ketika gue turun dari kereta melihat pemandangan stasiun di depan gue. Gue berasa di kota mati berisi zombie. Terus gue bayangin semua penduduknya jalan kaku-kaku datengin gue terus gue mati. The End.

Well, dengan sedikit shock dan kebingungan karena di suhu udara minus sekian gue harus kerepotan bawa dua koper dan satu tas tangan ke lobby tanpa adanya eskalator ataupun lift! IMAGINE GUYS! Eropa adalah negara yang pelit akan fasilitas yang memanjakan diri. Semua serba self service, termasuk kaki. Jarang banget bisa nemuin lift, eskalator dan sebagainya… Jadi welcome betis kesebelasan!

Cengok sendirian liat kanan kiri. Hopeless. Sampe akhirnya dua orang perempuan jalan menuju arah ke gue.

“are you Tika?”
“yes, Hallo” gue gaguk, gue gemeteran
“hey, I’m Mirka”
“hey hallo tika, I’m Lysan from Canada nice to meet you! ancdkjsaf#$%asdnfkja*%@!#$shfujwehfkah^*&$sfkjsnfkjasfaksjdnauehaksjhdkahsduahsduahsdjgasdhashjdg”

sejenak gue tertegun, mampus cepet amat ini bule ngomong bahasa inggrisnya! Tapi biar ga keliatan bego sebisa mungkin gue pasang muka pinter.

“okaay”
“hahahaha”
“of course”
“heemmmm”


empat kata itu yang cuma bisa gue katakan di awal pertemuan karena gue masih harus adaptasi dengan kelincahan bahasa Inggris kedua perempuan yang telah menjadi temen gue itu. The war has just begun!

Ostrava

Setelah kurang lebih 15menit perjalanan dari stasiun ke universitas dimana basecamp AIESEC Ostrava ada disana. gue kegirangan liat pemandangan luar jendela, karena gue bisa liat salju bener-bener dari dekat. Sampe akhirnya gue lari ke center buat pegang salju yang nutupi rumput dan jalan setapak. BAHAGIA banget rasanya megang es serut ciptaan Tuhan ini.

my 1st snowie!

Sejauh mata memandang, Ostrava adalah sebuah kota besar, tiga terbesar dari kota – kota yang ada di Republik Ceko. Bangunan-bangunannya kayak lagi di Eropa, yaiyalah ya…
Sebagian penduduk di Ostrava gabisa berbahasa Inggris, mereka cuma bisa bahasa ceko. Di Ostrava sendiri cuma ada beberapa supermarket dan tempat berbelanja yang gue yakini ga lebih bagus dari tempat perbelanjaan yang ada di Indonesia.
Kotanya sepi banget, makanya yang kaya gue bilang di awal, macam kota Zombie. 
Tapi buat kenyamanan kayak transportasi super duper nyaman. Cuma ada tiga macam transportasi umum di Ostrava, yaitu Tram, Electricity Bus dan  Bus. Metode pembelian karcis juga sama kayak di Praha. 

Pokoknya kalo lagi di Eropa jangan pernah nyepelein recehan, they save us! Tapi karena gue bakal tinggal dua bulan disana, jadi gue beli karcis transportasi untuk satu bulan ke depan yang nantinya bisa diperpanjang seharga 250Kc atau setara dengan 125ribu rupiah. 

inside the tram

Okay, setelah itu gue langsung menuju ke kampus. Sebuah universitas di Ostrava, Vysoka Scola. Disanalah Aiesec Ostrava berada. Jadi bersama dua koper gue dan dua teman gue yang jemput tadi di stasiun. Disana gue bertemu dengan teman0teman seproject gue yang berasal dari 4 negara. Rusia, China, Canada, dan Georgia. Dalam dua bulan kedepan gue dan teman-teman yang lain akan berada di satu tim untuk saling memamerkan budaya Indonesia ke beberapa sekolah di seantero Ostrava. Mereka baik banget!

the Vysoka Scola 

Setelah ngurus semua berkas dan berkenalan, untuk seminggu sebelum project dimulai gue bakal tinggal di sebuah flat member Aiesec Ostrava yang biasa dipanggil Habi. Malam itu juga gue dikasih arah gimana caranya sampai ke tujuan. cuma dikasih arah loh, bukan ditemenin. Gimana ga kejang-kejang karena sama sekali gue gatau mana-mana. Tapi alhamdulillah penghuni flat yang juga sesama exchange participant kaya gue berbaik hati jemput gue. akhirnya mereka jemput gue dan pertama kalinya bertemu mereka juga. Tiga orang temen flat gue berasal dari Turki, Jepang dan Taiwan. Hampir 30 menit perjalanan dari universitas ke flat. Dan untuk malam itu, gue perlu tidur sekedar membunuh waktu karena gue ngerasain homesick stadium akhir.
Gue ngerasa berada di tempat asing. seorang diri. gatau mau ngapain, jadi gue cuma mau tidur. dan sebelum tidur gue mengambil wudhu, sekedar buat bersyukur dan meminta perlindungan dari-Nya. Gue pun ngambil sarung (yang sampe sekarang selalu gue pake dan bawa kemana-mana, btw usisa sarung itu udah 26 tahun. Kepunyaan bokap) . merem. tetep gabisa tidur….

Well, esok harinya gue memutuskan untuk berkeliling di sekitaran Ostrava. Oh iya kabar baiknya, jadi selama dua bulan kedepan ternyata gue ga cuma tinggal di Ostrava, tapi
gue bakal jalanin project ke daerah-daerah ya mungkin semacam kabupaten gitulah, kayak di village atau kampungnya Ostrava! Jadi selama abroad di Ceko gue ke beberapa daerah lain selain Ostrava, yaitu : Poruba, Pist, Hrabovska.
Gue bakal buka lapak sendiri buat cerita yang itu.
Jadi sementara di Ostrava, ini dia tempat-tempat yang bisa diliat dan mungkin patut dikunjungi di Ostrava!

Ostrava City Centre
inilah beberapa pemandangan yang ada di tengah kota Ostrava. Kita bisa cuma duduk-duduk atau spending free time disini. Santai dan banyak tempat buat makan dan juga belanja di supermarket. Supermarket yang terkenal di seantero Ceko termasuk Ostarva namanya Billa. Yaa semacam Giant-nya Indonesia lah 🙂




Stodolni
Gajauh dari Ostrava City Centre, ada sebuah jalan yang bener-bener terkenal. Menurut gue ini satu-satunya hiburan yang dimiliki Ostrava sih. Ya Ceko memang sangat terkenal karena beer-nya, jadi kalo ke Ceko tujuan utama ya party dan minum. Nah ada salah satu jalan yang jadi destinasi para turis, mahasiswa, pelajar yang suka party. Namanya Stodolni. Sepanjang Stodolni kita bisa nemuin banyak banget bar- bar, yah sebelas duabelas sama Legian Bali deh. Tapi ya, sialnya gue gabisa minum. Bukan karena sok alim, tapi emang nyium bau beer aja udah ga bisaa. Jadi macam Stodolni ini ga bikin nasib gue berubah. Tapi buat anak-anak di Ostrava, jangan tanya! kalo weekend, jalanan ini udah kaya pasar Sekaten, ruame!

Stodolni Street


Vitkovice
Vitkovice, jadi gue dibawa sama salah satu keluarga dari hostfam gue buat jalan-jalan kesini.Vitkovice adalah coal factory. Gue lupa ngasitau kalo Ostrava itu kota industri, jadi disini banyak banget factroy, termasuk pabrik batu bara. Tapi pabrik ini udah lama ga dipake. Jadi akhirnya dimuseumkan, nah disini kita bisa liat gimana proses batu bara dulu diambil dari bawah tanah kemudian diproduksi sedemikian rupa!



Stramberk
Gue suka banget sama tempat ini, village kecil yang berada sekitar 60 menit dari Ostrava. Disini tempatnya nyaman banget, gabanyak penduduk yang tinggal di tempat ini, dan Stramberk punya makanan khas yaitu Stramberk Ear. Enak banget! bisa dibeli seharga 36kc atau sekitar 18ribu rupiah. Nah di Stramberk juga kita bisa melihat sebagian kota Ostrava dari ketinggian diatas menara. KEWL!

Lisa Hora!
The best moment ever!
Salah satu hostfam gue, Thomas Family adalah keluarga paling gue sayang! Mereka tau banget kalo gue gapernah mainan salju jadi dengan baik hati mereka ngajak gue buat ski-ing di Lisa Hora. (Hora dalam bahasa Ceko artinya gunung) Jadi sangat excited banget karena gue bisa main ski di gunung salju, jalan di gunung salju, tidur di gunung salju! Gunung ini berseberangan langsung dengan Slovakia! jadi kita bisa liat gunung yang menjulang indah di seberang mata! i’m so blessed!


Well ya, sebenernya masih banyak yang bisa gue ceritain tentang Ostrava. Bahkan ga ada habisnya! 
Kota yang buat gue nangis hampir seminggu karena homesick, sekaligus kota yang bikin gue berat banget buat melangkahkan kaki ke kereta si waktu kepulangan gue.
Sebuah kota besar minim penduduk. Kota industri penuh asap. Tapi kota ini pula yang secara ga langsung membentuk pribadi gue buat lebih tough, independent!
Gatau apa gue bisa lagi buat dateng kesana :’)

Ostrava, Djakui!

2 thoughts on “Europe Silly Trip #Part 2 Ostrava!

  1. Hai kak Tika, boleh share tentang apa saja materi yang kakak beritahu ke murid2 di Ostrava? Btw salam kenal ya, aku terinsipirasi untuk pergi ke Ceko juga winter, cuma aku ikut AIESEC yang Singapura. Aku kebingungan apa materi yang harus disiapkan, sama untuk visanya kakak ada persyaratannya? kalo berkenan saya minta ID Line nya dong.. kakak boleh email aku di alwayswin.cats@gmail.com.
    Terimakasih ya!

Leave a Reply

