The end of 2012!

2012 is almost over
but, 2012 already gave me lot of amazing, ridiciolous, unexpected, and irreplacable moments

dua ribu dua belas.
banyak yang udah aku lewati bersamanya.
dan mungkin, dua ribu dua belas adalah salah satu tahun terbaik yang telah mengasahku menjadi pribadi yang lebih baik.
blog ini akan menjadi post terakhir di tahun ini. 
aku akan sedikit banyak membuat narasi akan peristiwa, pengalaman dan kisah yang sudah aku lewati during this year. menjadi penutup dan menjadi doa untuk tahun berikutnya.

Exchange was the big movement for me
Januari adalah pembuka yang manis. karena Januari penuh dengan persiapanku menuju pengalaman super duper mega awesome, ya keberangkatan pertamaku menjajaki Benua Eropa as an exchange student.
AIESEC adalah pengalaman cantik yang sudah berhasil aku tuntaskan. Dan pengalamanku berangkat menjadi satu-satunya pelajar Indonesia ke Czech Republic/Ceko untuk memperkenalkan Indonesia secara keseluruhan, sebagai pengajar di beberapa sekolah di negara yang sangat aku rindukan saat ini was a priceless. tak terbayarkan.
Sepulang dari petualanganku selama di Ceko, hidup selama dua bulan seorang diri benar-benar mengasah pribadiku untuk menjadi pribadi yang baru. more independent, active, and the most important is i succes to dare my fearness!Tidak pernah terbayangkan sebelumnya kalau aku akan berangkat bahkan pernah hidup selama dua bulan disana sendirian tanpa satupun teman atau keluarga yang ikut bersamaku. Tinggal bersama orang asing yang totally different. Merasakan salju!
Ceko telah memberikanku warna baru dalam Curriculum Vitae – hidupku selama 21 tahun ini. Dan ya, Praha adalah the best birthday moment ever! Pertama kalinya aku merayakan ulangtahunku sebatang kara di benua Eropa.


Eropa luar biasa, Eropa cantik dan penuh dengan bangunan klasik. Tapi, tubuhku, jiwaku tetap milik tanah airku, Indonesia. Indonesia lebih luar biasa, Indonesia lebih cantik. Dan Eropa membuatku menjadi lebih mencintai Indonesia :’)

Dendang Legenda.
Untuk urusan kampus, ya memang mungkin passionku ga disana, jadi yaaa…
yang kau ingat, dua ribu dua belas akhirnya kami berhasil mengemas dan menyelesaikan tugas angkatan kami untuk membuat event penutup angkatan yaitu KOMKUSTIK!
akhirnya kami berhasil menuntaskan tugas angkatan. yah walaupun seperti yang sebelumnya, angkatan kami bukan angkatan yang solid, namun paling tidak kami mampu bekerja sama dan membuat acara ini berhasil meriah, ramai dan meninggalkan kesan posititif.


Dengan membawa tema Dendang Legenda, dimana semua pengisi acara membawakan lagu – lagu lama yang melegenda. Atmosphere klasik berhasil kami ciptakan.
aku rindu teman kampusku, aku rindu kebisingan komunikasi, aku rindu suasana kantin. dan aku yakin suatu saat aku pasti lebih rindu dari ini!

Kuliah Kerja Nyata
ternyata dua ribu dua belas meyakinkanku jika akhirnya sebagai mahasiswa aku sudah sampai di tahap dimana aku harus menjalankan studi kuliah yang (awalnya)paling aku benci. KULIAH KERJA NYATA! ya KKN!
KKN, rencana perkuliahan yang bahkan telah aku rencanakan sebelum tahun dua ribu dua belas. dimana aku dan beberapa temanku sudah membentuk kelompok dan memutuskan untuk berangakat KKN ke Bali. dan lagi-lagi aku melawan rasa nyamanku, aku memutuskan untuk bergabung dalam kelompok yang terdiri dari tanpa teman dan sahabat dekatku. Aku ingin mengenal lebih jauh siapa diriku. Mengukur kemampuanku untuk bisa bertahan dan bekerja sama dengan lingkungan baru dari berbagai fakultas.  toh hanya 5 minggu, bukan waktu yang lama 🙂
Juli sampai Agustus kehidupanku aku pasrahkan bersama duapuluh empat teman baruku, yang tentunya meiliki beraneka ragam pribadi yang unik, hangat, dan ngangenin. Hidup di sebuah villa(is it kewl?) dua kamar dan satu tujuan. kita harus tuntaskan tiga sks ini!
time after time, KKN bukan menjadi sebuah tuntutan maupun beban. Bukan lagi tiga sks yang harus kami selesaikan, KKN adalah sebuah proses pendewasaan bahkan menjadi zona nyaman baru buatku. Betapa aku mencintai hari demi hari yang aku lewatkan bersama mereka. Betapa aku berharap jika waktu tidak harus berputar cepat, secepat yang aku harapkan di awal keberangkatan.
Pengalaman KKN-ku terlalu indah. lebih indah dari perkiraan terbaikku.
aku menemukan keluarga, sahabat dan cinta yang selama ini ingin aku rasakan. Betapa rindunya aku menghabiskan waktu dan hari-hari tanpa televisi di Desa Pangsan, Bali. Sahur dan Berbuka saat bulan puasa bersama mereka. Bercanda bahkan menangis bersama The Five. Dan menikmati sawah bersama Kormasitku. 

Sampai akhirnya 15 Agustus aku harus kembali pada rutinitas awalku. tapi tentu saja aku tidak akan pulang dengan rasa hampa. KKN adalah media pembelajaran yang berharga dalam hidupku. banyak yang aku bawa menjadi bekalku. KKN juga membuatku merasakan sedikit daydreams-ku! 🙂




How about Life of Love?
Dua ribu dua belas memberiku pelajaran untuk hali percintaan. karena pada akhirnya aku mengambil keputusan perpisahan. Tidak mudah untuk mengambil keputusan ini. Meskipun ada banyak alasan di belakangnya, tapi aku sangat yakin. Dengan keputusan ini, maka aku dan dia akan menjadi pribadi yang lebih lebih baik. Kehadirannya selama ini banyak memberiku pelajaran. Terimakasih 🙂

Semester Tujuh
Sama seperti cerita tentang perkuliahan, ga banyak yang aku bisa ceritakan. Kecuali pada semester ini aku mengulang tiga mata kuliah. Dimana aku harus berada di antara adik-adik angkatan dua ribu dua belas. i feel so young!
Menuntaskan mata kuliah Kampanye Sosial, Pengantar Ilmu Politik dan Teknologi Komunikasi. Alhamdulillah dan semoga pada UAS nanti aku mampu menyelesaikan semua mata kuliahku dengan baik, sehingga bisa memberi sumbangsih untuk IP-ku yang tidak seberapa itu. Aamiin…

Tiga November.
I was born to be a girl. and those day, im exactly live for a woman. DAMN! :))
Jazz-Timewa. Sheila on Seven. Glenn Fredly. Ngayogjazz
Empat even musik diatas adalah event luar biasa yang aku bisa saksikan di tahun ini. Passionku yang menyukai musik-meskipun aku tidak bermusik bisa aku lepaskan di event event tersebut. Im exactly waiting for the next music concert, and all of them, i spent it with mine 🙂

Porsenigama
Yey! Ternyata berat badan 52kg dengan tinggi 154cm yang terjebak dalam rohku ini memiliki bakat bermain bulu tangkis dadakan dan amatiran. Guess what, aku berhasil memenangkan kejuaraan Bulu Tangkis Ganda Putri se-Universitas Gadjah Mada bersama Santika dengan gelar juara TIGA! Dan sebelnya, gak ada satupun yang percaya kalo aku bisa main bulu tangkis, kalo aku bisa ada di lapangan. tapi bodo amat, suatu kepuasan bisa berkeringat. Meskipun permainanku jauh di bawah rata-rata dan jauh dari kata hebat. Aku bangga pada diriku sendiri, karena aku bisa membuat ritme hidupku berirama, berada di luar garis. Im an athlete! :)))


Bernyanyi.
Ini part yang aku suka. part paling sederhana. dua ribu dua belas telah mengabulkan keinginan sederhanaku selama ini. aku akhirnya bisa bernyanyi. di depan umum.
Ya, aku dan teman-temanku yang bisa kubilang saat ini mereka sahabatku. Aku dipercaya untuk membantu mereka saat itu, mungkin aku sudah pernah menge-post blog tentang ini. yah, intinya aku menjadi vokalis dadakan Ber-Coustic. Bahagianya sulit aku gambarkan. 
Terimakasih Made Bhela Sanji Buana.


Cita’s Wedding
Ya akhir tahun ini menjadi tahun yang berarti untukku. Mbak Cita. The only sister i have is getting married. Finally, i feels so blessed, its between happy and sad, but i realize i have to release all for Cita hapiness. Aku berbahagia. Aku datang ke Lampung untuk membantu sebisaku dan semampuku untuk acara pertama di keluarga kami. Papa banyak sekali memberiku tanggung jawab untuk dikerjakan. 
Bukan hal yang mudah untuk dilakukan dan untuk dihadapi, karena disatu sisi aku masih merasa aku akan kehilangan kakakku. Intensitasku akan berkurang. dan hal-hal buruk lainnya yang menghantuiku. namun akhirnya aku sadar, semua ini cepat atau lambat akan dateng, begitupun denganku. Pasti suatu saaat aku akan tiba pada tahap tersebut.
Sebagai adik, aku merasa Mba Cita adalah kakak terbaik yang aku miliki. Anak perempuan yang baik untuk orangtuaku. Cucu yang baik untuk kakek dan almarhum nenekku. keponakan yang baik untuk om dan tanteku. teman dan sahabat yang baik untuk lingkungannya.
Aku hanya ingin ia mengetahui bahwa aku adalah adik yang sangat mencintai dirinya. setidaknya aku berhasil mengatakan itu saat ahri pernikahannya.
i hope the best for you, Cita!
semoga gue cepet dapet keponakan ya. aamiin!



overall…banyak sekali yang aku dapatkan di tahun ini. Cinta, realita, perbedaan, pendewasaan, fakta dan segala macamnya telah diracik sempurna oleh Tuhan sebagai pembelajaran bagiku, thanks lot 2012.
yah itulah moment yang telah diciptakan semesta di tahun 2012.
so, i dare you 2013!
2 thoughts on “The end of 2012!

  1. Buya Hamka mengatakan ;
    Bergurulah kepada Alam , Peng-Alam-an adalah Guru yang baik, Karenanya Cobalah Utk:

    Belajar diam dari banyaknya bicara…
    Belajar sabar dari sebuah kemarahan…
    Belajar mengalah dari suatu Sifat Ingin Menang Sendiri…
    Belajar menangis dari kebahagiaan…
    Belajar tegar dari kehilangan…
    Belajarl bersyukur meski selalu ada saja kekurangan…
    Belajar ikhlas meski hati ini sulit untuk merelakannya.
    Belajarlah taqwa dan taat meski melaksanakannya tidak semudah Kata Kata…
    Belajarlah memahami meski tak berarti…
    Belajar sabar meski terbebani…
    Belajar setia meski tergoda…
    Belajar memberi meski tak seberapa…
    Belajar mengasihi meski disakiti…
    Belajar tenang meski gelisah…
    Belajar tersenyum meski HATI TERLUKA…

    Hidup itu rangkaian proses Belajar…
    Maka selalu Belajar dan terus belajar hakekat hidup dan kehidupan…
    Disanalah Kita banyak menemukan KEINDAHAN, KEBAHAGIAAN dan KEDAMAIAN…

    Doa Papa senantiasa menyertaimu. Smg Allah SWT senantiasa melindungimu. Aamiin.

Leave a Reply

